Pergi ke Jepang bersama Spogomi Indonesia 2023


Spogomi
berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang yaitu "Spo" dan "Gomi". "Spo" sendiri merupakan singkatan dari "Sport", dan "Gomi" yang berarti "Sampah", maka dapat diartikan sebagai kegiatan atau game olahraga mengumpulkan sampah yang diadakan oleh Yayasan Nippon Zaidan (Jepang).

Indonesia adalah salah satu dari 20 Negara yang mengikuti kegiatan Spogomi dan menjadi negara urutan pertama yang menyelenggarakan rangkaian kegiatan ini di tahun 2023. 

Karena Spogomi merupakan rangkaian kegiatan, maka kegiatan atau game pengumpulan sampah "Spogomi" ini akan dilombakan untuk menentukan tim pemenang yang akan melanjutkan kegiatan Spogomi di Jepang pada bulan November bersama dengan tim dari 19 Negara lain yang ikut serta.

Pemerintah Kota Jakarta Selatan serta Suku Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan merespon kegiatan Spogomi dengan baik, dan bersama dengan Yayasan Nippon Zaidan (Jepang) akan menyelenggarakan kegiatan ini di wilayah Kelurahan Lenteng Agung termasuk kawasan Desa  Wisata Kedung Gede, Jakarta Selatan dengan harapan untuk melatih kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan di Jakarta Selatan,

Spogomi akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 dengan start point di Desa Wisata Kedung Gede sampai finish point di Jl. Turi. 

Di sini para peserta akan disediakan kantong plastik khusus wadah sampah kemudian mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya sesuai aturan untuk memenangkan permainan ini. 

Spogomi telah membuka pendaftaran untuk tim peserta beranggotakan 3 orang pria atau wanita tanpa batasan usia bagi yang ingin ikut serta dalam kegiatan ini. 

Link pendaftaran: FORMULIR PENDAFTARAN

Link aturan lomba: ATURAN LOMBA